Indonesia termasuk negara yang kaya akan budaya, dan hal ini tidak dapat dipungkiri lagi oleh siapa pun. namun, dibalik kekayaan tersebut justru pemerintah dan bangsa Indonesia sangat lemah dalam mematenkan apa yang seharusnya menjadi hak bangsa Indonesia.
Akhir-akhir ini bangsa kita dikagetkan dengan klaim malaysia atas tarian pendet dari bali. berikut adalah daftar artefak yang di eksploitasi atau di klaim malaysia:
1. Tari Reog Ponorogo dari jawa timur
2. Lagu soleram dari Riau
3. Lagu injit-injit semut dari jambi
4. Alat musik Gamelan dari Jawa
5. Tari kuda lumping dari Jawa timur
6. Tari piring dari sumbar
7. Motif batik parang dari yogyakarta
8. Alat musik angklung
9. desain kerajinan perak desak suwarti dari Bali
10. Tari Pendet dari Bali
Selain yang diatas, masih banyak lagi budaya Indonesia yang di klaim malaysia. Alangkah baiknya jika pemerintah Indonesia melakukan Protektif terhadap semua kekayaan Indonesia, bukan hanya di tingkat nasional namun juga di tingkat dunia.
Mungkin kejadian ini sudah terjadi sejak lama, namun bangsa Indonesia baru menyadarinya sekarang.sebenarnya itu kesalahan kita juga karena selama ini kita tidak menjaga budaya yang kita miliki dengan baik dan pemerintah tidak mematenkan budaya-budaya itu.
jika pemerintah tetap diam dan tidak mengambil tindakan apapun maka saya rasa lama kelamaan budaya kita akan habis dirampas oleh negara lain. jadi, " JAGALAH BUDAYA BANGSA INDONESIA TERCINTA . . . !!"

0 komentar:

Posting Komentar